Warga California Gelar Pesta Pantai di Tengah Covid-19

AMERIKA – Amerika merupakan negara dengan jumlah kasus covid-19 tertinggi di dunia. Namun budaya social distancing masih sangat rendah. Seperti yang terjadi pada Minggu (25/5), warga Amerika berbondong-bondong ke pantai untuk menikmati libur Memorial Day. Memorial Day adalah hari libur federal di Amerika Serikat untuk menghormati hari berkabung personil militer yang meninggal saat bertugas di Angkatan Bersenjata Amerika Serikat. Padahal kasus positif covid -19 di amerika masih berada di urutan nomor 1 didunia dengan jumlah kasus 1.688.709 dengan total kematian akibat covid-19 di AS sebanyak 99.348.

Seperti diberitakan BBC, sepekan ini warga amerika berbondong-bondong ke pantai dan danau untuk memperingati akhir pekan Memorial Day. Aktivitas warga di pantai ini selalu melanggar protololer kesehatan yang diberlakukan untuk mengatasi penyebaran wabah coronavirus.

Di Florida, polisi negara bagian membubarkan ratusan orang di Pantai Daytona pada Sabtu (24/5). Sedangkan di Missouri, tepatnya di Danau Ozarks penuh dengan pengunjung yang bersuka ria dan jauh dari pematuhan aturan protokoler kesehatan

Kepala satuan tugas koronavirus AS Dr Deborah Birx mengaku sangat prihatin setelah melihat kegiatan masyarakat tersebut..

“Kami benar-benar ingin menjadi jelas setiap saat bahwa jarak sosial sangat penting. Dan jika Anda tidak dapat jarak sosial dan Anda berada di luar, Anda harus mengenakan topeng,” kata Dr Birx seperti dilansir ABC This Week, Minggu.

Lyda Krewson, walikota St Louis, Missouri, mengatakan tidak bertanggung jawab atas bahaya pada perilaku berisiko tinggi tersebut apalagi hanya untuk alasan bersenang-senang selama liburan panjang akhir pekan.

“Sekarang, orang-orang ini akan pulang ke S. Louis dan county di Missouri dan Midwest, meningkatkan kekhawatiran tentang potensi kasus yang lebih positif, dirawat di rumah sakit dan tragisnya angka kematian juga sudah sangat mengkhawatirkan.

Di daerah Florida, kerumunan orang juga begitu besar sehingga pemerintah menutup tempat parkir karena penuh,seperti yang di lapor kantor berita Associated Press.

Di California, kerumunan besar terlihat menikmati pantai selama akhir pekan. Para pejabat negara mengatakan kebanyakan orang menutupi wajah mereka dan menjaga jarak mereka di pantai dan taman.

Memorial Day merupakan hari libur tahunan yang diadakan mulai Senin terakhir bulan Mei untuk menghormati semua orang yang telah meninggal bertugas di militer AS. Memorial Day juga ditandai dengan awal musim panas secara tidak resmi di Negara tersebut.

AS memiliki lebih banyak kasus virus korona daripada di mana pun di dunia. Ini memiliki lebih dari 1,6 juta infeksi yang diketahui dan hampir 100.000 kematian terkait dengan virus.

Semua 50 negara bagian AS sekarang telah dibuka kembali sebagian setelah sempat ada lock down atau penutupan dua bulan. Namun masih ada batasan yang bisa dilakukan dan ketentuannya tersisa bervariasi di seluruh Negara bagian.

Beberapa daerah yang paling terpukul akivat covid-19 diantaranya New York, New Jersey dan negara bagian Washington namun kini sudah menunjukkan penurunan tajam.(*/bbc)