Tiga Pesawat Penumpangnya Cuma 7 Orang

 Bandara Hangnadim Beroperasi Dibuka lagi

BATAM – Tiga perusahaan penerbangan sudah beroperasi lagi  dari Bandara Hang Nadim Batam. Hanya saja, jumlah penumpang yang menggunakan penerbangan masih sangat minim. Dari data yang diperoleh pada Sabtu (9/5), hanya  ada tiga pesawat komersial atau penumpang yang sudah beroperasi.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara dan TIK BP Batam Suwarso mengatakan, maskapai yang sudah beroperasi ada Garuda Indonesia type B737-800 dan Citilink dengan dua flight type A320. Namun, untuk Garuda Indonesia, penumpangnya hanya 37 orang penumpang tujuan Jakarta.

“Ada 37 penumpang yang terdaftar untuk menggunakan Garuda, tetapi tidak ada satupun yang yang datang,” jelas Suwarso kepada siberindo.co.id grub.

Kemudian, Citilink terdiri dari dua flight type A320 rute menuju Jakarta dan Surabaya, dari dua flight ini Citilink membawa 5 orang penumpang ke Batam. Dan dari batam hanya 7 penumpang yang berangkat untuk kedua rute tersebut.

“Sedangkan untuk pesawat kargo masih beroperasi normal. Ada dua penerbangan maskapai, yaitu Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air dengan tujuan ke Jakarta,” ujar Suwarso.

Sementara untuk, Minggu (10/5), ada tujuh penerbangan yang akan beroperasi. Maskapai Garuda dengan dua penerbangan, maskapai Citilink dengan dua penerbangan, dan Lion Grup dengan tiga penerbangan.

Suwarso juga mengemukakan, Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 Letnan Jenderal TNI Doni Monardo menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

“Untuk itu diimbau kepada calon penumpang yang hendak melaksanakan penerbangan agar dapat mematuhi peraturan sesuai dengan SE Nomor 4 Tahun 2020,” katanya.

“Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan oleh calon penumpang, antara lain datang lebih awal sewaktu akan melakukan check-in, melengkapi dokumen yang dibutuhkan sesuai SE Nomor 4 Tahun 2020, selalu meng-update jadwal penerbangan, dan ikuti arahan petugas di lapangan,” kata Suwarso.

Biasanya, menjelang lebaran seperti saat ini penumpang yang berangkat biasanya mencapai 10 ribu-an dan yang datang sekitar 7 ribuan.(SK/LB)