Dua Polisi Ini Ajak Tahanan Zikir Bareng di Malam Nuzulul Quran

personil polisi memandu zikir dan doa bersama dari ruang visitasi Rutan Polres Tanjungpinang, Sabtu (9/5/2020).

TANJUNGPINANG – Suasana di Rumah Tahanan (Rutan) Polres Tanjungpinang tiba-tiba terasa ramai pada Sabtu (9/5/2020) malam. Tahanan yang beragama Islam duduk bersila dan berzikir serta berdoa bersama dalam  memperingati malam Nuzulul Qur’an.

Kegiatan di ruang tahanan itu diinisiasi oleh personil Satuan Tahanan dan Barang Bukti (Sat Tahti) Polres Tanjungpinang Bripka Bona Rengga dan Brigadir Rizky. Dari luar tahanan terdengar suara bersama-sama berzikir lalu membacakan Asmaul Husna, dilanjutkan Salawat Thibbil Qulub, Likhomsatun dan surat Yaasiin serta diakhiri dengan doa. Para tahanan pun mengikuti kegiatan ini dengan khusuk dan khidmat.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal, SH, SIK, M.Si melalui Kasat Tahti IPTU Turhadi menyampaikan, dzikir dan doa ini sebagai bimbingan rohani bagi para tahanan.

“Dengan rutin kegiatan ibadah diharapkan terbentuk akhlak yang baik di diri tahanan. Selain itu juga pelaksanaan zikir dan doa ini untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk keselamatan umat manusia, dijauhkan dari segala mara bahaya baik bencana juga wabah penyakit,” sebutnya.

Menurut Kasat Tahti, pihaknya juga rutin memeriksa kesehatan dan kebersihan ruang tahanan. “Personil kita selalu mengingatkan baik kepada tahanan maupun Personil dan menjaga tahanan untuk membudayakan hidup sehat dan bersih.

“Terlebih saat ini kita sedang dilanda wabah Covid-19 dan para tahanan berada dalam ruangan yang sama. Untuk itu kesehatan sangat penting untuk selalu dijaga,” sebutnya. (*/rls)