Presiden Serahkan Sertifikat Hingga Resmikan Alun-Alun di Cianjur

Cianjur, – Presiden Joko Widodo kunjungan kerja ke Cianjur, Jawa Barat, untuk melakukan sejumlah agenda di antaranya menyerahkan sertifikat pengelolaan hutan rakyat hingga meresmikan Alun-alun Cianjur.

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo berangkat dari kediamannya di Paviliun Bayurini Istana Kepresidenan Bogor, Jumat, sekitar pukul 06.45 WIB.

Ia bersama rombongan menempuh jalur darat selama sekitar 2 jam hingga tiba di lokasi acara pertama yakni Wana Lestari Wisata Pokland, Kecamatan Haurwangi, Cianjur.

Di tempat ini, Presiden Jokowi menyerahkan Surat Keputusan pemanfaatan hutan sosial kepada warga Cianjur dan sekitarnya dalam acara bertajuk Edukasi dan Hiburan bagi Peserta Hutan Sosial dan Dialog Edukasi Hutan Sosial untuk Pemerataan Ekonomi.

“Hari ini dibagikan 13.900 hektar untuk 8.900 KK artinya satu KK mendapatkan 1,5 hektar. Dulu-dulu lahan-lahan ini banyak dibagikan kepada yang gede-gede sekarang kita berikan kepada rakyat dalam bentuk SK seperti ini untuk 35 tahun tapi status hukumnya jelas,” kata Presiden Jokowi.

Ia mengatakan, untuk program tersebut sampai saat ini sudah diberikan kepada rakyat di seluruh Indonesia seluas 2,35 juta hektar selama 2 tahun dari target seluruhnya 12,7 juta hektar.

“Ini terus akan kita berikan agar tanah menjadi jelas statusnya, jelas produktif, tidak diberikan ke yang besar-besar,” katanya.

Pada kesempatan yang sama diserahkan 9 trophi bagi 9 tokoh hutan sosial pilihan Koran Tempo, penyerahan SK hutan sosial, serta penyerahan KUR dan CSR.

Setelah itu, Presiden akan melaksanakan ibadah salat Jumat di Masjid Agung Cianjur yang terletak di pusat kota.

Di masjid itu, Jokowi juga sekaligus akan membagikan sertifikat tanah wakaf bagi sejumlah pengurus pondok pesantren di Provinsi Jawa Barat.

Presiden juga akan meresmikan Alun-Alun Cianjur, menghadiri sosialisasi Dana Desa, serta kunjungan ke Sistem Resi Gudang (SRG) di Kecamatan Warungkondang.

Terakhir, Presiden akan melaksanakan silaturahim dengan ulama dan santri di Pondok Pesantren Al-Ittihan, Langensari, Karangtengah, Cianjur.

Presiden dan rombongan tak menginap di Cianjur dan langsung kembali ke Jakarta untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Jawa Timur untuk kunjungan kerja melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma.

Hadir mendampingi Presiden Jokowi, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri BUMN Rini Soemarno, Mensesneg Pratikno, Koordinator Staf Khusus Teten Masduki, dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Ant)